Recent Posts

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan


Hallo happy people, siapa yang pernah merasa bingung saat ingin membuat MASI si kecil :D ? jujur mimin pernah mengalami hal ini karena kondisi Ibu baru dan banyaknya pendapat tentang cara membuat MPASI dll yang membuat semakin bingung. Tapi kebingungan mimin sudah terjawab dengan berbagai sumber terpercaya termasuk dari buku KIA.

Happy people yang pegang buku KIA pasti sudah tahu disana ada contoh MPASI untuk setiap usia yang salah satunya akan mimin coba bikin dan share di sini, karena jujur saja mimin sudah MPASI-an satu bulan baru bikin resep MPASI ala buku KIA di bulan ke 2 MPASI. Ada yang sama? :D

Nih halaman 56 ya

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan

Nah ini takaran yang terlihat di piring. Mimin ganti bayam dengan wortel karena tidak punya stok bayam di rumah, tukang sayur tidak lewat, di kebun samping rumah bayam tumben tidak ada terus masa harus ke pasar demi 1 ikat bayam saja? Wkwkw. Ya sudah jadinya diganti wortel saja dengan takaran yang sama.

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan


Oh ia mimin pakai santan instan ya yang dicampur air, santan langsung dari kelapa asli lebih baik.

Mari kita buat:

Tahapannya betul-betul mengikuti panduan dari buku KIA ya,
  1. Yang pertama rebus kacang hijau dan sayur sampai matang lalu haluskan di blender dan saring.
  2. Masak tepung beras dan santan dan campurkan kacang hijau dan sayur yang telah dihaluskan tadi.
  3. Nah ada yang beda sedikit dari mimin, merebus kacang hijau kan lumayan lama ya jadi mimin taruh sayurnya di akhir perebusan kacang hijau mau selesai khawatir sayur nya terlalu matang itu maksudnya hehe.
Nah ini dia hasil saringan dari kacang hijau dan sayur. Dan juga tepung beras dan santan 

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan

Setalah seperti diatas tinggalcampurkan dan berikut adalah hasil akhirnya

Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan


Ini cukup untuk 3 kali makan lho happy people. Teksturnya betul-betul sesuai anjuran yaitu tidak cair, tidak jatuh saat dibalikan juga tidak keras. Sangat lembut penuh gizi pastinya.

Sajikan dengan penuh cinta dan jangan lupa berdoa J agar bayi lahap dan berkah :)

Yang sering muncul di perbincangan MPASI adalah LT atau Lemak Tambahan seperti minyak zaitun, unsalted butter, salted butter, keju bayi dll ynag sering diutamakan oleh ibu-ibu karena memang bayi memerlukan komposisi lemak yang lebih banyak dibanding komposisi lainnya seperti karbohidrat dan serat. Namun happy people tidak perlu khawatir dengan resep MPASI yang ada di buku KIA ini meski tidak memakai produk-produk tersebut ini sudah cukup kok, santan bisa untuk menambah lemak dan di dalam kacang hijau juga ada lemaknya.

Alasan ibu-ibu membeli produk penambah lemak karena khawatir pada saat merebus makanan yang mengandung lemak, lemaknya ikut terbuang atau bahkan komposisi lemak pada makanan tidak sesuai dengan komposisi lemak yang seharusnya, oleh karena itu ditambah dengan produk lemak tambahan yang sudah di sebut di atas. Ini hanya informasi tambahan yang mimin dapatkan dari sumber terpercaya.

Bahkan minyak goreng saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan lemak pada bayi MPASI, makanan yang digoreng untuk bayi MPASI justru disarankan asal pakai minyak baru ya.

Jujur mimin sangat terbantu dengan postingan ibu-ibu lain yang memposting resep harian MPASI bayi mereka kerana ada referensi, jadi sema-sama ada yang membantu menghilangkan kebingungan ini huhu.

Kesimpulannya membuat MPASI tidak perlu mengada-ngada, pakai bahan yang ada dan terjangkau saja hal ini sesuai anjuran WHO lho.

Nah sekian dulu yah happy people, mudah-mudahan mimin bisa create menu MPASI buku KIA selanjutnya ya J

Rekomendasi Buku Resep MPASI

Oh ia, mimin suka sekali buku KIA nya, sangat membantu ibu-ibu baru tetapi bukan berarti tidak mencari informasi yang lain nya ya. Mimin kasih rekomendasi apa saja kebutuhan seputar informasi MPASI untuk bayi yang sangat membantu sekali. Seperti Buku MPASI dari Dr Metha itu juga merupakan panduan yang mimin pakai isinya lengkap, menu beragam dan tentunya di tulis oleh seorang dokter yang memang sudah banyak di jadikan panutan oleh berbagai macam kalangan keluarga. Ada juga ini Resep makanan 2-5 tahun, memang sih untuk memberikan yang terbaik untuk anak, kita harus menguasahakan yang terbaik. Jadi wajar kalo kita harus menyisihkan uang untuk membeli buku kebutuhan seputar MPASI agar nutrisi anak terpenuhi.

resep-mp-asi



Terakhir nih mimin kasih list yang menurut mimin penting harus ada, sekaligus rekomendasi tokonya, pokonya tidak mengecewakan, kualitas terbaik, asli, aman, bisa cod dan gratis ongkir pula, puas pokonya maka dari itu mimin share buat kalian.

Belum ada Komentar untuk "Resep MPASI Ala Buku KIA Untuk Anak Usia 6-9 Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel