Recent Posts

Kenali 15 Jenis Madu ASLI Indonesia Dan Manfaatnya

Kenali 15 Jenis Madu ASLI Indonesia Dan Manfaatnya


Hallo happy people, madu adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi di kepala kita ya, selain itu manfaat dari madu juga sudah tidak diragukan lagi karena madu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan tentunya berufngsi juga sebagai alat untuk menjaga kesehatan.

Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat An-Nahl:69 “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yag menyembuhkan bagi manusia”.

Jujur saja selain mimin adalah seorang yang suka teh, teh bunga atau teh daun mimin suka tapi disamping itu mimin juga menyukai madu. Seperti ada ketertarikan yang berbeda antara teh dan madu. Ibarat happy people yang menyukai kopi, nah mimin pun begitu bedanya lebih menyukai teh dan madu.


Mimin yakin ada yang satu selera sama mimin (aamiin xixi) yang suka teh dan madu, tapi tahu belum kalau madu itu banyak sekali jenisnya yang membuat honey lover meleleh uh! Buat yang bukan honey lover tidak ada salahnya untuk membaca sampai tuntas siapa tahu teman dekat nya honey lover, kan jadi nyambung kalau nanti ngobrol xixixi.

Oke, simak ya:

Oh ia selain madu yang berfungsi sebagai obat juga bisa dijadikan sebagai pemanis penambah rasa pada makanan. Ada banyak sekali jenis-jenis madu di dunia namun saat ini kita bicara madu yang berasal dari Indonesia dulu ya,:

1. Madu Kelulut

Katanya rasa madu ini adalah asam dan manis (pasti seger). Madu ini dihasilkan oleh lebah kelulut yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh yang salah satunya bermanfaat untuk mengatasi penyakt kronik.

2. Madu hutan Sumatra

Ini sering mimin dengar banyak yang jual karena madu hutan Sumatra ini sangat populer di tanah air, pencinta madu pasti sudah pernah coba kan?. Madu ini berkhasiat untuk menjaga stamina, menjaga daya tahan tubuh dan membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

3. Madu rambutan

Madu ini memiliki rasa yang mirip sengan buah rambutan karena dihasilkan oleh lebah yang diternakan di sekitar perkebunan rambutan. Mengkonsumsi madu ini diklaim dapat mengoptimalkan fungsi ginjal, mengatasi sakit pinggang, melancarkan air seni dll.

4. Madu hutan Timor

Madu ni dikatakan madu yang memiliki kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia. Madu yang dihasilkan dari Nusa Tenggara Timur. Madu hutan Timor berfungsi untuk menjaga vitalitas tubuh dan kesehatan kulit, oleh karena itu madu hutan Timor memiliki permintaan yang sangat tinggi, dan sekarang madu ini sudh mulai dijual ke daerah lain Indonesia.

5. Madu hutan Sumbawa

Madu hutan Sumbawa memiliki kadar air yang rendah alias bertekstur kental. Dari hal ini kita dapat berkata bahwa setiap madu mempunyai ciri masing-masing.
Kentalnya madu hutan Sumbawa dipengaruhi oleh kondisi alam daerah Sumbawa yang kering dan cukup panas. Madu ini dihasilkan oleh lebah yang mengambil nektarnya di pohon bidara.

6. Madu kopi

Ya, madu kopi adalah madu yang berasal dari nectar kopi. Madu kopi ini mempunyai aroma yang khas dan cocok untuk dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan ke berbagai jenis masakan.

7. Madu klanceng

Disebabkan oleh belum banyak nya peternak madu klanceng sehingga membuat harga madu ini lumayan mahal. Sebanding dengan khasiatnya madu ini diklaim dapat meredakan berbagai penyakit. Rasa madu ini tidak tunggal, melainkan ada beberapa rasa dalam satu kali suap biasanya madu ini bercampur anatara rasa manis, pahit dan asam.

8. Madu Kalindra

Madu ini mempunyai warna kuning yang dihasilkan dari bunga Kalindra sehingga rasa manisnya khas.

9. Madu hutan Kalimantan

Madu jenis ini juga sudah ramai di pasaran dan rasnya yang manis. Biasanya madu ini dipakai untuk melengkapi berbagai kudapan.

10. Madu hutan Jambi

Madu ini berfungsi sebagai sumber energi. Selain itu madu ini memiliki kandungan gula yang mudah untuk dicerna oleh system pencernaan kita. Oleh Karena itu madu ini dilklaim sebagai sumber energi.

11. Madu Kelengkeng

Madu yang memiliki rasa manis dan gurih (jujur penasaran). Disebut madu kelengkeng karena lebah penghasil madu ini hidup di daerah yang didominasi oleh pohon kelengkeng.

12. Madu bunga karet

Madu ini memiliki aroma yang harum dengan warna khas kuning kecoklatan. Pasti happy people sudah tahu kenapa madu ini disebut madu bunga karet. Ya, karena dihasilkan oleh lebah yang menghisap nectar pohon karet.

Madu ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahaun tubuh, menyembuhkan luka bakar, membantu untuk meredakan alergi dan mengatasi rasa gatal pada kulit.

13. Madu tawon gung

Madu ini harganya mahal karena jarang sekali ditemukan karena dihasilkan dari lebah madu yang liar. Lebah madu ini sulit untuk diternakan karena siftanya yang agresif dan lokasi sarangnya pun sulit untuk dijangkau. Maka tak heran harga lebah ini akan mahal.


14. Madu embun

Madu yang kaya akan mineral yang dihasilkan oleh lebah madu yang menghisap cairan dari tumbuhan yang biasa disebut honeydew. Para lebah madu mengumpulkan honeydew jika mereka merasa nektar bunga sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan mereka lagi.


15. Madu randu/ Madukarta

Madu ini memiliki ras yang sangat manis bercampur dengan sedikit rasa asam yang membuat nya segar. Madu ini dihasilkan oleh lebah madu yang menghisap bunga randu. Ciri khas dari madu ini adalah warna nya yang coklat terang.

Nah itu dia beberapa jenis madu yang ada di Indonesia, jika happy people pecinta madu pasti sudah tahu dong ciri-ciri madu asli seperti apa, buat kalian yang baru ingin mencoba untuk mengkonsumsi madu, Pilihlah madu yang original yah untuk khasiat yang lebih optimal pada tubuh. 
Referensi:sayurbox

Belum ada Komentar untuk "Kenali 15 Jenis Madu ASLI Indonesia Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel