Recent Posts

Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat teh untuk kesehatan tubuh
source : pixabay
Hello health people, balik lagi bareng mimin, sebelum memasuki pembahasan, apa diantara kalian ada pecinta teh? Kalo ada, tepat sekali kalian nongkrong disini, karena kali ini mimin bakal kupas manfaat minuman ini untuk kesehatan tubuh. Untuk para kopimania minggir dulu yah hehe bukan mengusir tapi kalian bisa cek manfaat kopi untuk kesehatan.

Pagi hari tentunya waktu yang nikmat sekali untuk menikmati teh, baik berbincang dengan keluarga, bersantai sambil membaca, atau menemani menonton chanel berita terkini. Teh ini tidak hanya enak dan memiliki aroma dan rasa khas tapi juga mengandung polifenol, kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega 3 dan 6. Selain itu kandungan folat dan beberapa mineral seperti magnesium , fosfor, kalium, mangan, dan fluoride. Uwow kan ? teh ini bukan hanya tentang memberikan semangat memulai aktifitas ketika di minum pagi hari, dan membuat waktu lebih menyenangkan ketika diminum di sore hari, tapi teh ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa aja ? Cekidot..

Menajaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antioksidan dalam teh dapat membunuh bakteri di mulut yang dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Apabila di konsumsi secara rutin dapat meningkatkan kesehatan gigi serta mengatasi bau mulut.

Meningkatkan konsentrasi

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, dalam teh mengandung kafein yang fungsinya dapat merangsang system saraf pusat dan melancarkan peredaran darah dalam otak, sehinga kita bisa lebih berkonsentrasi saat sedang melakukan sesuatu. Bagaimana dengan kopi ? sama memiliki kandungan kafein, namun kandungan kafein pada teh lebih sedikit yang membuatnya lebih ideal dikonsumsi oleh tubuh.

Menurunkan resiko diabetes

Sama seperti kopi di pemabahasan sebelumnya, teh ternyata dapat menurunkan resiko diabetes juga, teh hijau dan teh hitam dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin sehingga diabetes bisa dicegah


Menurunkan Kolestrol

Kandungan antioksidan pada teh mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh, kadar antioksidan dalam darah akan meningkat maka kolestrol jahat tidak teroksidasi.

Menurunkan tekanan darah

Dalam hasil penelitian dikatakan, konsumsi teh hitam secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tentunya harus dibarengi dengan pola hidup sehat yah.

Mencegah kanker

Masih karena kandungan antioksidan yang berada dalam teh , sehingga teh ini membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel pemicu terjadinya kanker dalam tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Untuk hal ini para wanita tentu sangat ingin kan berat badannya turun dan ideal, teh yang paling terkenal dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak bagian perut. Tapi tetep yah, langsing boleh tapi harus tetap sehat, kalian bisa baca cara sehatmenurunkan berat badan.

Menjaga saluran pencernaan

Polifenol yang ada pada teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dalam pencernaan sehingga dapat mecenggah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan.


Mengatasi pilek dan flu

Cuaca saat ini yang tidak tentu kadang panas dan hujan dapat menyebabkan tubuh terkena flu, teh ini bisa dijadikan obatnya, karena antioksidan yang terkandung didalamnya dapat mencegah infeksi akibat virus maupun bakteri. Apalagi dicampur dengan perasan lemon akan terasa lebih nikmat.

Menjaga kesehatan kulit

Khasiat untuk kecantikan tentunya menjadi hal yang umum kita tahu, karena banyak sekali produk kecantikan mengandung kandungan teh hijau. Seperti biasa antioksidan tinggi dalam teh ampuh untuk mendapatkan kulit sehat dan mencegah penuaan.

Uwow ga tuh ? ternyata eh ternyata banyak sekali manfaat si teh ini untuk kesehtan, konsumsi teh secara rutin dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi bagaimana jika si teh dicampur gula bahkan susu? Kalo tujuannya sehat lebih baik kalian menikmati teh tanpa gula atau susu, karena takutnya bukan manfaat yang didapat malah resiko akibat gula berlebih yang kita dapat.

Untuk mengkonsumsi teh baiknya jangan sambil makan yah, beri jarak Antara 30-60 menit sebelum 
atau sesudah makan. Kenapa ? karena teh dapat mangganggu penyerapan protein dan zat besi, jadi metabolisme dalam tubuh berjalan lebih lama.

Oke itu saja untuk pembahasan kali ini, mimin ucapkan happy weekend buat semuanya. 


Sumber : doktersehat.com

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel